Home » Berita » MASJID PALU : SHIROTOL MUSTAQIM
Mesjid LDII Palu

MASJID PALU : SHIROTOL MUSTAQIM

LDII PALU – Masjid Shirotol Mustaqim adalah masjid pertama yang dibangun oleh warga LDII Kota Palu. Bangunan yang terletak di jalan Zebra Kelurahan Tatura Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah ini mulai dibangun pada tahun 1986. Awal berdirinya, masjid ini belum sebesar dan semegah sekarang. Ukuran pondasi semula adalah 10 X 10 m dan hanya satu lantai. 

masjid palu shirotol mustaqim
Masjid Shirothol Mustaqim Palu (Dok.LDII Sulteng)

Seiring dengan berjalannya waktu, dan semakin banyaknya warga yang mengikuti pengajian yang hampir setiap hari diadakan di sini, para penguruspun melakukan renovasi. Ukurannya diperbesar sehingga bisa menampung semua warga yang ingin mengikuti pengajian. Hasilnya, sebuah bangunan masjid berukuran 27 X 18 m dengan 28 (dua puluh delapan) pilar penyangga menembus hingga lantai teratas. Pembangunan ulang ini dimulai pada tahun 1994 dan terus berlanjut sampai saat ini. Adalah membangun dua menara yang masih dalam perencanaan. 

masjid shirotol mustaqim palu lantai 3
Masjid Shirotol Mustaqim Palu 3 Lantai (Dok.LDII Sulteng)

Masjid ini memiliki tiga lantai. Empat, bila kita juga menghitung lantai tempat dibangunnya kubah. Lantai pertama dan kedua digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti sholat lima waktu dan pengajian-pengajian. Lantai ketiga digunakan sebagai tempat belajar para santri di Pondok Pesantren Shirotol Mustaqim. Masing-masing lantai dihubungkan dengan tangga di sayap kanan dan kiri bangunan.


Kubahnya terbuat dari zincalume. Tidak seperti kubah – kubah masjid di Kota Palu yang umumnya berbentuk bulat dan melebar, kubah masjid ini berbentuk bulat telur dengan ukuran tinggi sekitar 7 – 9 m dan diameter sekitar 7 – 9 m. Warna kubahnya pun cerah, oranye muda dan kuning gading. 
masjid palu shirotol mustaqim jalan zebra
Kubah Majid Shirotol Mustaqim Palu (Dok.LDII Sulteng)
Satu hal yang unik dari masjid ini adalah bergesernya tempat pengimaman sehingga jamaah sholat tidak menghadap ke arah depan masjid, melainkan agak menyerong sedikit, sehingga terlihat miring. Bergesernya tempat pengimaman ini dilakukan setelah diadakannya pengukuran kembali arah kiblat.

Halaman masjid ini sudah terpaving, dan sering digunakan sebagai tempat bermain futsal serta latihan silat oleh remaja – remaja yang tinggal di sekitarnya. Di samping masjid ini terdapat sebuah pohon beringin besar yang membuat suasana di sekitarnya menjadi teduh. Apabila ada pengajian,  halaman masjid ini pun dipenuhi dengan berbagai kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Ada juga roda enam, kadang-kadang, karena pemilik dump truck yang membawanya.

Apa saja kegiatan yang dilakukan di masjid ini? 
Selain Sholat lima waktu dalam sehari semalam yang di imami oleh Bapak Ust. Isnaini atau Bapak Ir. H. Wimbo Hartono, setiap harinya masjid ini juga digunakan untuk kegiatan pengajian. Pesertanya terbagi dalam beberapa kelompok usia  mulai dari pengajian khusus untuk anak – anak sampai orang tua.

Pengajian bagi anak –anak yang berumur di bawah 12 tahun yang disebut caberawit, diadakan setiap sore hari selepas sholat ashar. Pengajian generus ( anak umur SMP), diadakan setiap habis maghrib sampai isya. Pengajian muda – mudi (umur SMA keatas) diadakan setiap malam Jum’at, mulai pukul 20.00 sampai pukul 21.30. Pengajian bapak – bapak dan ibu – ibu diadakan setiap tiga kali dalam seminggu, pukul 20.00 – 21.30. Selain itu, di hari Minggu pagi, khususnya pada minggu ke dua setiap bulannya, masjid ini akan menjadi sangat ramai karena adanya pengajian umum yang dapat diikuti seluruh masyarakat.
Pengajian umum ldii palu
Kegiatan Pengajian Masjid Shirotol Mustaqim
(Dok.LDII Sulteng)
Bagi Anda yang akan berkunjung ke Kota Palu, dan ingin menunaikan sholat wajib sekaligus wisata religi. Lokasi Masjid Shirotol Mustaqim tidak jauh dari Bandara Mutiara Palu. 

Komplek Masjid Shirotol Mustaqim Palu (Dok.Wikimapia.org)

Anda hanya butuh waktu kurang lebih lima menit. Lokasinya berada di Jl.Zebra No.50 Palu – Sulawesi Tengah. (DP)

3 comments

  1. Ya pak. Bapak sya masih tinggal di Palu, sekarang di Jl. Anoa No. 97 Palu Selatan. Sya Anak.a Dawud.

Leave Your Comment