Home » Berita » Pertandingan Bola Memperebutkan Kambing
tim zebra juara bola ldii palu

Pertandingan Bola Memperebutkan Kambing

tim zebra juara bola ldii palu

Jamaknya, sebuah pertandingan akan menghadiahkan piala kepada pemenangnya. Karena bentuk piala itu mirip sebuah cangkir, orang Inggris menyebutnya dengan kata ‘cup’. Dari situ muncul kata WORLD CUP untuk piala dunia, Sudirman Cup, dan cup-cup yang lain.

Ternyata tidak selamanya demikian. Sebuah event petandingan yang digelar oleh LDII pialanya tidak berbentuk ‘cup’ meski namanya juga ada cupnya, yaitu PIALA ADHA CUP. Nama ini diambil dari Idul Adha, karena turnamen ini memang diselenggarakan menjelang hari raya qurban itu. Nah, karena memang asalnya dari sana, maka pialanya pun berwujud kambing. Faktor hadiah yang berupa kambing ini memunculkan nama lain bagi kejuaraan ini : Kambing Cup. Lucu, menggelikan, tetapi meriah sekaligus menghibur.

Para pemain yang tergabung dalam masing-masing tim menginginkan hadiah utamanya, kambing. Ini bukan hal aneh karena mereka memang ingin berqurban yang merupakan sunnah Rasullulah SAW, yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah.

Pertandingan sepakbola antar warga LDII ini merupakan agenda tahunan dari pengurus DPD LDII Kota Palu. Pertandingan yang dimulai tanggal 1 September 2013 sampai dengan tanggal 13 Oktober 2013 tersebut diadakan setiap hari minggu selama tujuh minggu berturut-turut. Babak penyisihan dilaksanakan secara serentak di dua lapangan yaitu Lapangan Tangkasi dan Lapangan Gelanggang Pemuda Bumi Bahari.

Sembilan tim berpartisipasi dalam pertandingan ini, dan terbagi dalam dua grup. Grup A bertanding di Lapangan Gelanggang Pemuda Bumi Bahari sedangkan Grup B bertanding di Lapangan Tangkasi. Babak Penyisihan berlansung selama lima minggu.  Pada minggu keenam diadakan semifinal dan pada minggu ketujuh sudah sampai pada babak final yang berpusat di Lapangan Tangkasi.

Tim dari PAC LDII Kelurahan Tatura Selatan yang berlokasi di jalan Zebra keluar sebagai juara pertama dan berhak membawa pulang dua ekor kambing. Tim gabungan dari PAC Besusu dan PAC Birobuli Utara menjadi juara kedua  dengan memboyong satu ekor kambing, disusul tim gabungan dari PAC Nunu dan PAC Bumi Bahari di urutan ketiga. Khusus juara ketiga ini hadiahnya bukan seekor kambing lagi, tetapi lima ekor! Hanya saja berupa ayam jantan.

Penyerahan hadiah dilaksanakan bersamaan dengan pengajian umum hari MInggu, 13-10-2013. Karena hadiahnya binatang hidup, maka penyerahannya dilakukan secara simbolis. Pengumuman hadiah-hadiah ini tentu saja menundang tawa para peserta pengajian. Selamat, ya! (zul)

3 comments

  1. ni yang menang klub mana gan?

Leave Your Comment